Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Mainan Robot Mekanik Sederhana

Mainan yang menarik umumnya yang bergerak. Gerakan mainan ada yang disebabkan oleh sumber geraknya dari listrik dan ada yang dari hasil gerakan mekanik lain. Gerakan mekanik dapat diubah dari putaran menjadi gerakan maju mundur atau sebaliknya. Banyak mainan zaman dahulu yang menggunakan gerakan mekanik menjadi sumber geraknya. Untuk mainan yang menggunakan sumber gerak dari listrik, digunakan dinamo atau motor listrik. 

Dinamo atau motor listrik mengunakan prinsip elektromagnet sehingga mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Energi gerak ini membentuk gerakan memutar yang dapat diaplikasikan ke dalam berbagai produk dengan teknologi mekanik. Kini dengan banyaknya jenis baterai yang ada, perkembangan mainan yang mengunakan dinamo atau motor listrik sebagai penggeraknya juga meningkat.

Dalam pembuatan mainan dengan teknologi mekanik, bahan yang digunakan biasanya adalah bahan jadi yang mempunyai fungsi sebagai bagian dari mainan. Contohnya adalah tempat baterai yang digunakan sebagai tempat sumber tenaga untuk mainan yang menggunakan energi listrik. Pembuatan mainan dapat menggunakan peralatan mekanik yang ada di sekitar kamu. Peralatan tersebut biasanya digunakan untuk melubangi, memotong, menyolder, dan melakukan perakitan. Berikut ini langkah-langkah pembuatan mainan robot mekanik sederhana,

1. Menyiapkan Bahan dan Alat
Bahan
1. Baterai 2 x 1,5 V,
2. Tempat baterai untuk ukuran 2 x 1,5 V,
3. Limit switch/Micro Switch 2 buah,
4. Klip kertas secukupnya,
5. Konektor terminal kabel (skun kabel),
6. Dinamo (motor) mainan 2 buah ukuran 3 V, kabel,
7. Manik-manik (untuk roda) dan,
8. Tutup botol bekas diameter 4cm
Tempat baterai (kiri), Limit Switch (kanan)
Sumber: Kemendikbud

Konektor termal kabel (kiri), Dinamo (kanan)
Sumber : Kemendikbud

Manik-manik (kiri), Klip kertas (tengah), Tutup botol bekas (kanan)
Sumber: Kemendikbud

Alat
1. Tang kombinasi
2. Cutter dan gunting
3. Solder dan timah
4. Lem superglue/ lem bakar

2. Gabungkan dua buah dinamo dengan besi atau penopang agar dinamo dapat dipasang ke tempat baterai.
Sumber: Kemendikbud

3. Letakkan kedua limit switch di atas tempat baterai, kemudian dilem.
Tahap selanjutnya, tempelkan kedua dinamo pada samping tempat baterai menggunakan lem power atau lem bakar. Menempelkannya agak miring.
Sumber: Kemendikbud


4. Setelah itu, kaki limit switch paling atas disatukan kedua-duanya saling menyentuh, kemudian disolder.
Hubungkan kaki paling bawah limit switch kiri dengan kaki dinamo bagian kiri, begitu juga dengan bagian kanan dengan menggunakan kawat lalu disolder. Setelah itu, hubungkan kaki dinamo bagian kiri dan kaki dinamo bagian kanan menggunakan kabel. Penyolderan dapat dilakukan dengan bantuan orang lain agar hasilnya lebih baik.
Sumber: Kemendikbud


5. Sambungkan kabel dari dinamo ke bagian belakang tempat baterai dengan cara disolder. 
Jangan terlalu lama menyoldernya karena akan mengakibatkan plastik tempat baterai meleleh, lakukan secara cepat. Setelah itu, sambungkan kabel merah tempat baterai ke kaki atas limit switch dan kabel hitam tempat baterai ke kaki tengah limit switch dengan cara disolder
Sumber: Kemendikbud


6. Buat roda bagian belakang dengan menggunakan klip. 
Caranya, klip diluruskan, kemudian dilipat menggunakan tang dan masukkan klip tersebut ke dalam lubang butiran (manik-manik). Kemudian, tempelkan di bagian belakang tempat baterai dengan menggunakan lem.
Sumber: Kemendikbud


7. Buat antena dengan menggunakan klip kertas. 
Caranya, klip tersebut kita luruskan dengan tang. Setelah lurus, kita lengkungkan perlahan- lahan. Selanjutnya, kita masukkan klip yang sudah dilengkungkan ke dalam konektor terminal jepit dengan tang agar kencang, lalu masukkan ke dalam saklar limit switch. Bisa juga tidak memakai konektor terminal, tetapi langsung dilem klip kertasnya ke limit switch menggunakan lem.
Sumber: Kemendikbud

8. Kencangkan besi roda bagian belakang dengan menggunakan lem
Sumber: Kemendikbud

9. Pasang badan robot menggunakan tutup botol bekas yang memiliki diameter kurang lebih 4 cm. 
Badan robot dapat dicat sesuai dengan kreasimu (misal corak kepik). Bandingkan kreasi kamu dengan hasil kreasi teman sekelas.


10. Tahap akhir pengujian robot. 
Pasangkan baterai pada tempatnya, robot akan bergerak. Ketika antena menyentuh dinding atau penghalang, robot kumbang tersebut akan membelokkan arahnya menghindari penghalang tersebut.


Prakarya ini adalah mainan yang menggunakan sumber energi listrik sebagai sumber tenaga dan sudah menggunakan rangkaian yang modern. Mainan ini bekerja dengan sumber gerak dari motor listrik DC (dinamo) yang akan berputar. Alat ini memerlukan baterai untuk bergerak. Bahan pembuat dapat digunakan dari mainan daur ulang dan barang bekas yang berada di rumah atau daerah sekitarmu. Bahan dapat diganti sesuai dengan kebutuhan dan dapat pula dimodifikasi, ditambah, atau diberi aksesori lain. Kreativitas dan imajinasimu dapat dituangkan pada alat ini.

Sumber: Kemendikbud